top of page

Pendidikan Sekolah Dasar

Sekolah Lentera Harapan percaya bahwa anak-anak adalah anugerah Allah yang diciptakan segambar dengan-Nya dengan potensi dan tujuan. Kurikulum Pendidikan SD di SLH yang holistis mengasah talenta dan potensi anak-anak secara maksimal sehingga mereka dipersiapkan untuk menjadi murid-murid Kristus yang unggul, kompeten, bertanggung jawab dan responsif. Sekolah Lentera Harapan juga percaya bahwa orang tua adalah pendidik utama dari anak-anak. Dengan kepercayaan inilah kami berkomitmen untuk menjadi mitra yang unggul bagi orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak-anak di usia SD.

 

Pendidikan SD di SLH berfokus pada pengenalan akan dunia milik Allah dalam lingkungan dan komunitas yang lebih luas. Oleh sebab itu melalui pembelajaran di SD SLH anak-anak diasah rasa empatinya, belajar menjalin relasi dengan lingkungannya, mengasihi komunitas dimana ia berada dan menunjukkan belas kasihan bagi sesama manusia yang membutuhkan. Pengalaman-pengalaman belajar yang berkualitas seperti pembelajaran berbasis inkuiri di SD SLH mendukung proses pertumbuhan anak secara holistis, mengasah berbagai aspek seperti spiritual, emosional, sosial, perkembangan fisik dan kognitif secara terintegrasi.

Program Pembelajaran

Murid-murid SD di SLH diajarkan melalui pembelajaran studi Alkitab, Pengembangan Pengambangan Ilmu Pengetahuan Alam Sosial, Pengembangan Kompetensi literasi, Pengembangan Numerasi, Pengembangan Seni, Pengembangan Pendidikan Pancasila, Pengembangan Teknologi dan Informatika serta Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan.

Studi Alkitab

Studi Alkitab

Sekolah Lentera Harapan mempercayai bahwa Alkitab adalah firman Allah yang harus diajarkan dengan setia kepada anak-anak. Dengan landasan teologi Reformed, pengajaran kami bertujuan untuk membawa anak-anak semakin mengasihi Tuhan Yesus. Melalui studi Alkitab, anak-anak diajarkan secara intensional, sistematis, dan naratif tentang siapa Allah, manusia, dan karya Allah dalam hidup mereka. Kami percaya bahwa setiap anak sangat berharga dan harus menerima pengajaran Alkitab yang murni, termasuk kebiasaan membaca, menghafal, dan merenungkan firman Tuhan. Kekaguman akan Allah di dalam Yesus Kristus ditanamkan sebagai fondasi iman yang teguh.

Pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam Sosial

Pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) di SD SLH mencakup pemahaman sains dan sosial serta keterampilan proses. Tujuannya adalah membantu murid mengintegrasikan pengetahuan untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran mencakup diri sendiri, lingkungan, pancaindra, anggota tubuh, identitas diri, silsilah keluarga, benda sekitar, siklus hidup, sumber daya alam, energi, interaksi sosial, keragaman budaya, sistem tata surya, dan letak geografis, semuanya berdasarkan Wawasan Kristen Alkitabiah. Keterampilan proses diterapkan melalui pendekatan inkuiri, mendorong observasi, eksperimen, dan bimbingan guru untuk membangun konsep secara terbuka dan kritis.

Pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
Literasi

Pengembangan Kompetensi Literasi

Di Sekolah Lentera Harapan (SLH), literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis. Literasi mencakup kemampuan kognitif untuk mengidentifikasi, memahami, menginterpretasi, mencipta, dan mengkomunikasikan informasi melalui berbagai media di era digital.

Guru-guru kami mendukung pengembangan literasi di Sekolah Dasar dengan materi pembelajaran yang otentik dan kontekstual, literasi multimodal, proyek-proyek bermakna, dan penggunaan teknologi. Pendekatan inkuiri berbasis Wawasan Kristen Alkitabiah (WKA) diterapkan untuk meningkatkan literasi di semua mata pelajaran. Melalui peningkatan literasi, murid diharapkan mengenal Allah dan sesama lebih baik, berkontribusi positif pada lingkungan, memuliakan Allah, dan mengembangkan diri secara pribadi.

Pengembangan Numerasi

Pengembangan Numerasi di SD SLH mengintegrasikan elemen konten dan proses yang didasarkan pada Wawasan Kristen Alkitabiah. Murid-murid diajarkan konsep matematis dengan landasan pandangan Kristen, membantu mereka melihat keindahan matematika sebagai bagian dari kisah besar Allah. Pendekatan CPA (Concrete Pictorial Abstract) digunakan untuk membangun pemahaman konsep melalui tahapan objek konkrit, gambar, hingga abstrak. Metode ini membantu murid mengembangkan kemampuan penalaran, pemecahan masalah, dan solusi terhadap persoalan sehari-hari, sehingga menghasilkan pemahaman hikmat yang memandu tindakan nyata.

Holistic Christian Education
Pengembangan Seni

Pengembangan Seni

Pengembangan seni di SD SLH didasarkan pada prinsip bahwa murid perlu mendapatkan pengalaman langsung untuk berpikir dan bekerja secara artistik. Pembelajaran seni di SD SLH mencakup seni rupa, musik, tari, dan teater dengan landasan Wawasan Kristen Alkitabiah. Murid diajak aktif mengeksplorasi alat, bahan, dan prosedur untuk mengembangkan kreativitas dan talenta yang Tuhan berikan. Melalui pengalaman ini, mereka dapat menciptakan karya untuk kemuliaan Tuhan yang berdampak positif bagi diri, lingkungan, dan masyarakat.

Pengembangan Pendidikan Pancasila

Sekolah Lentera Harapan (SLH) percaya bahwa Allah sebagai pencipta dan perancang telah menetapkan hukum-hukum moral untuk mengatur relasi antarmanusia dan keadilan sosial. Melalui pengembangan Pendidikan Pancasila di SD SLH, murid diajarkan memahami makna dan nilai-nilai Pancasila serta proses perumusannya. Ini membantu mereka mengapresiasi identitas mereka sebagai bagian dari bangsa Indonesia dan sebagai warga negara yang sejati. Pendidikan Pancasila di SD SLH juga menanamkan sikap mencintai sesama, negara, dan lingkungan untuk menciptakan persatuan dan keadilan sosial, sesuai dengan kapasitas kita sebagai makhluk yang diciptakan dalam peta dan teladan Allah.

Pancasila
Pengembangan Teknologi dan Informatika

Pengembangan Teknologi dan Informatika

Di Sekolah Lentera Harapan (SLH), kami percaya bahwa setiap murid memiliki kemampuan berpikir yang dianugerahkan Tuhan. Oleh karena itu, pengembangan Teknologi dan Informatika di SD SLH berfokus pada fondasi berpikir komputasional. Ini mencakup kemampuan problem solving secara sistematis, kritis, analitis, dan kreatif. Murid-murid diarahkan untuk terampil dalam menciptakan artefak komputasional sederhana dan bijak dalam mengakses, mengelola, serta mengevaluasi informasi berdasarkan landasan Kristen Alkitabiah. Selain itu, mereka diajarkan untuk menciptakan informasi baru dari data yang dikelola, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sesuai dengan usia dan perspektif Alkitabiah mereka.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan di SD SLH menyediakan pembelajaran dengan tujuan agar murid-murid dapat mengembangkan arti pentingnya aktivitas jasmani untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan mereka serta memiliki pola hidup sehat. Murid-murid di SD SLH diajarkan agar dapat memahami bahwa mereka diciptakan serta diberikan tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara tubuh. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan di SD SLH mengembangkan pola gerak dasar dan keterampilan gerak yang didasarkan pada penerapan konsep, prinsip, strategi dan taktik dengan berlandaskan Wawasan Kristen Alkitabiah.

Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Interactive Learning at Sekolah Lentera Harapan

Ada Pertanyaan?

Baca Pertanyaan 
yang Sering Diajukan oleh Orang Tua

Untuk melayani Anda dengan lebih baik, kami telah menyusun daftar pertanyaan yang sering diajukan, termasuk informasi khusus tentang kampus. Jika pertanyaan Anda masih belum terjawab, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk membantu Anda.

bottom of page